9/15/2007

kode curang empires

Biar menang main game age of empire

Beberapa waktu yang lalu (bahkan hingga sekarang) saya lagi ‘keranjingan‘ main game Age Of Empire. Secara gampangnya di game ini kita membuat kerajaan dan kemudian kita berperang melawan kerajaan lain (jika kita mengeset kerajaan lain sebagai enemy) atau bersaing secara ekonomi, sosial, teknologi dll (jika kita mengeset kerajaan lain sebagai teman). Yang jelas, beberapa hal yang mesti kita lakukan di game ini yaitu : berkeliling ke seluruh daratan (untuk membuka peta wilayah yang ada); mengumpulkan kayu, batu, emas dan makanan (baik dari menanam, memanen maupun dari ikan); membuat berbagai bangunan (seperti pelabuhan, kastil, pasar, kuil, dan lain-lain); membangun pasukan militer dan pertahanan; dan lain-lain.

Awalnya, agak susah untuk memenangkan game ini, karena tidak mudah untuk mengumpulkan kekayaan dan membuat bangunan dalam waktu yang cepat. Tapi ternyata setelah tahu trik-triknya, ternyata mudah juga untuk memenangkan game ini. Hal ini karena ada beberapa sintaks yang dapat digunakan untuk mempercepat proses-proses itu. Sintaks ini digunakan dengan cara tekan tombol ENTER, masukkan sintaks, kemudian tekan enter lagi. Beberapa sintaks tersebut yaitu :

1. marco - polo

Sintaks ini digunakan untuk membuka seluruh peta. Jadi kita tidak perlu menyuruh prajurit kita untuk berkeliling ke seluruh daratan. Caranya : tekan enter, masukkan marco, enter, enter lagi, masukkan polo, enter. Selesai. Maka seluruh peta sudah terbuka sekarang

2. aegis

Ini digunakan untuk mempercepat segalanya, baik pembuatan orang, pasukan, bangunan dan lain-lain. Jadi tidak perlu menunggu loadingnya. Namun yang harus diingat, bahwa begitu kita menggunakan sintaks ini, maka otomatis musuh kita (komputer) akan menggunakan sintaks ini pula.

3. lumberjack

Ini digunakan untuk mengumpulkan kayu. Jadi tidak perlu menebang kayu banyak-banyak

4. robin hood

Digunakan untuk mengumpulkan emas. Tekan enter, masukkan robin hood, enter lagi.

5. rock on

Untuk mengumpulkan batu. Enter, rock on, enter. Selesai. 1000 batu ada di tangan .

6. how do you turn this on

Digunakan untuk membuat mobil tempur. Yup, meski kerajaan tempo dulu (jaman Kubilai Khan, Jenghis khan, dll) kita bisa membuat mobil tempur. Ini merupakan senjata ampuh untuk berperang.

Sedangkan sintaks untuk mengumpulkan makanan, saya tidak tahu. Trik yang sering saya gunakan adalah : buat emas sebanyak-banyaknya, bangun pasar, lalu beli makanannya di pasar .

Strategi Bermain :

1. Jika kerajaan lain sebagai teman / saingan

Segera gunakan marco - polo dan aegis, lalu arahkan prajurit berkuda ke tempat kambing ataupun burung yang masih liar (untuk dijinakkan, baik di daerah sendiri maupun daerah teman). Jika sudah jinak (ditandai dengan munculnya warna tali leher biru), segera arahkan/giring ke wilayah kita. Lalu buru-buru disembelih. Karena saingan kita sudah tidak punya modal awal makanan berupa kambing, biasanya otomatis kalah :p dan kita jadi pemenangnya.

2. Jika kerajaan lain sebagai musuh

Segera gunakan marco - polo. Lalu kumpulkan kekayaan dulu sebanyak-banyaknya, baik kayu, emas, maupun batu. Untuk makanan sementara berasal dari kambing, membuat sawah maupun dari memanen tanaman makanan yang berupa semak. Ketik aegis, bangun rumah tinggal sebanyak-banyaknya, lalu bangun tempat pemotongan kayu dan tambang serta pelabuhan. Jika sudah, segera upgrade kerajaan. Kemudian bangun pasar (untuk beli makanan) dan blacksmith.

Lalu buat kapal pengangkut dan upgrade kapal tersebut. Kemudian gunakan sintaks nomor 6. Untuk mempermudah dalam pembuatan mobil dalam jumlah yang banyak, gunakan metode kopi paste . Jika sudah, arahkan mobil-mobil tersebut ke tempat musuh. Makin banyak mobil, makin bagus. Jika musuh ada di seberang lautan, maka gunakan kapal pengangkut yang sudah dibuat tadi. Jangan lupa untuk selalu memantau apakah mobil-mobil tersebut dalam kondisi menyerang musuh atau tidak serta pantau juga kondisi dalam negeri. Jangan-jangan kita diserang duluan .
============================

Alerts :

1. Tidak adanya skrinsut tidak bisa digugat.

2. Bagi yang tidak bisa membayangkan apa yang tertulis di atas, saya mohon maaf (masih lebaran khan ) dan silakan segera mencoba memainkan game ini .